Langsung ke konten utama

CARA SETTING KARBURATOR MOTOR 2 TAK

Cara setting karburator motor 2 tak

Para pembaca semua, merupakan motor yang saat ini keberadaannya sudah mulai berkurang dan bahkan sudah jarang, khususnya untuk kota metropolitan seperti jakarta. Kenapa bisa demikian? karena motor 2 tak merupakan motor yang memiliki gas buang yang kurang bersahabat terhadap lingkungan, terlebih lagi ketika terdapat kesalahan atau ketidak standaran pada setting karburator motor 2 tak ini. Pasti akan menimbulkan asap yang cukup banyak melalui knalpot pembuangan.
cara-setting-karburator-motor-2tak
Secara umum pengertian motor 2 tak atau 2 langkah adalah motor yang dalam 1 siklus kerjanya membutuhkan 2x piston bolak balik (naik-turun), artinya 1 kali putaran poros engkol akan menghasilkan 1 langkah usaha.Sehingga menurut pengamatan para mekanik menyatakan bahhwa motor 2 tak lebih cepat jika dibandingkan dengan motor 4 tak. Misalnya motor 2 tak dan motor 4 tak sama-sama memiliki silinder 150cc dan masih dalam kondisi standart, ketika diadu kecepatannya pasti jauh lebih cepat motor 2 tak.

Kenapa bisa lebih cepat motor 2 tak? Karena dalam satu langkah kerja, motor 2 tak hanya membutuhkan 1 kali putaran poros engkol dan 2x gerakan piston bolak-balik. Sedangkan untuk motor 4 tak membutuhkan 2 kali putaran poros engkol dan 4 kali gerakan piston naik turun untuk menghasilkan satu kali langkah kerja.

Kok malah membahas kecepatan sih? bukannya tadi judulnya cara setting karburator motor 4 tak. Iya karena memang setting karburator akan menentukan kecepatan dan suplay bahan bakar motor. Karena karburator motor 2 tak bisa disetting standart dan lebih irit bahan bakar, atau disetting cepat namun lebih boros bahan bakar.
cara-setting-karburator-motor-2-tak

Cara setting carburator motor 2 tak

Sengaja saya menulis artikel ini karena selain saya pengguna motor 4 tak, saya juga seorang pecinta motor 2 tak RX King yang selama ini masih menjadi motor kebanggaan saya.  Bagi anda pengguna motor 4 tak silahkan baca ini: Cara mensetting carburator motor 4tak.

Untuk menyetting karburator motor 2 tak diperlukan insting dan latihan terlebih dahulu, karena ini berhubungan dengan kebiasaan dan perasaan. hehehee.. Tapi intinya adalah mencari posisi dimana motor tidak mbrebet atau tersendat-sendat ketika ditarik gas ataupun ketika dalam kondisi idle.

Secara teori settingan karburator motor adalah membuat campuran antara bahan bakar (BB) dengan udara (O2) adalah 1 (BB) : 13-15 (O2). Tapi karena tidak mungkin kita mengukur jumlah asupan bahan bakar dan udara pada karburator tersebut, jadi jalan alternatifnya adalah dengan mengira-ngira saja. Terlepas dari pas atau tidaknya, itu tergantung dari insting kita saat melakukan setting karburator tersebut.

Cara setting karburator motor 2 tak berdasarkan insting
1. Putar screw setelan angin searah jarum jam sampai mentok
2. Putar gas sampai mencapai putaran mesin 3000rpm
3. Putar kembali screw setelan angin berlawanan dengan arah jarum jam, dan dengarkan suara mesin sampai pada kondisi mesin berada pada rpm paling besar (suara mesin berteriak paling kencang)
4. Jika dirasa sudah cukup, kemudian putar screw setelan gas sampai pada posisi idle atau langsam yang pas, artinya rpm tidak terlalu cepat dan tidak terlalu rendah yang mengakibatkan mesin mati sendiri.

Cara setting karburator motor 2 tak berdasarkan teori
1. Putar screw setelan angin searah jarum jam sampai mentok
2. Putar gas sampai mencapai putaran mesin kira-kira 3000rpm
3. Putar screw setelan angin berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 2,5 putaran (900 derajat)
4. Dengarkan pula suara mesin apakah masih mbrebet atau tidak (berteriak kencang), jika masih mbrebet putar sedikit kekiri atau kekanan sampai ketemu suara mesin berteriak kencang.
5. Jika dirasa sudah cukup, putar screw setelan gas sampai pada posisi idle atau langsam.

Jika setting karburator motor 2 tak anda sudah standart maka motor pasti akan lebih irit bahan bakar, busi tidak mudah kotor, asap tidak pedih dimata, tarikan motor tidak mbrebet. Satu lagi, pastikan oli samping akan menetes atau menyemprot setiap 3 detik sekali. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Se usai saya menyetel sesuai prosedur ... motor jadi enteng enak tarikan nya...tapi jika gas di sendat" karburator menjadi kurang pas lagi ...gimana solusinya?.

    BalasHapus
  2. Solusinya seting karburator ada baiknya jika sambil di tes jalan. Tetapi jika seting di tempat saja dan tidak di bawa jalan memang sudah pas. Ketika motor di bawa keluar belum tentu pas. Pasti ada seperti gas tinggi ketika motor di kebut di jalan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPESIFIKASI YAMAHA V80

Motor :   Yamaha V80 Tahun: 1982-1986 Class: Underbone Spesifikasi : Mesin: 2-stroke Kapasitas mesin: 79 cc (80) Cylinder: 1, rebah Bore dan stroke: 47 x 45.6 mm. Rasio kompresi: 6,8 : 1 Max. power: 6,7 hp @ 7000 rpm Max. torsi: 0,82 kgf. m @ 6500 rpm Pendingin: udara Lubrication: automatic (autolube) Karburator: VM 15SC Transmission: 3-speed Pengapian: CDI Battery/accu: 6v (Yuasa 6N11-2D) Starter: kick Dimensi: Panjang x lebar x tinggi: 1885 x 650 x 1025 mm Jarak sumbu roda: 1170 mm Tinggi jok: 740 mm Jarak ke tanah: 135 mm Tangki olie samping: 1,2 liter Tangki bbm: 5,3 liter Berat: 82 kg Suspensi: - depan: leading link - belakang: swingarm, double shockbreaker Ban: - depan: 2.25-17 - 4pr - belakang: 2.50-17 - 6pr Rem: - depan: drum (tromol) - belakang: drum (tromol)

KOREK EKSTRIM YAMAHA V75 / V80 94cc

1. Stroke Up 2 mm Kruk as standar digeser big end sejauh 2 mm ke luar, dengan naik turun piston, langkah menjadi 45.6 + 4 = 49.6 mm. Crankcase harus diperlebar 1 mm pada dinding kruk as nya agar tidak menabrak. 2. Piston Suzuki FR80 dengan diameter 49 mm Boring standar masih mampu melayani piston diameter 49 mm. Pin piston sama, yaitu berdiameter 12 mm. Kepala piston diubah dan pantat piston menyesuaikan as kruk. Selain itu, porting juga dihaluskan dan diarahkan (porting polish). piston FR80 3. Porting Polish + Squish kop Squish kop bermain untuk putaran tinggi, yaitu 49% luasan piston (6.3 mm), dengan volume kubah sekitar 8.8 cc sehingga menghasilkan rasio kompresi statis 7.5 : 1. Durasi langkah buang bermain sekitar 170 derajat dengan tinggi porting exhaust dari bibir blok sejauh 30.5 mm. Porting diubah semi-oval dan dihaluskan. Transfer port sendiri diperlancar aliran nya. blok mesin v80 4. Knalpot 3v3 mini Knalpot memesan khusus di ahli knalpot bermodel...